Program Switch Case Menggunakan Bahasa Java

 Program Switch Case Menggunakan Bahasa Java

Assalamu'alaikum wr wb

Hai teman-teman!

Kali ini saya akan membahas salah satu Percabangan menggunakan bahasa Java yaitu Switch Case. Teman-teman dapat membaca pembahasan tentang percabangan dengan mengklik disini. Langsung saja saya bahas contoh program switch case.

Program Switch Case 1

Sebelum saya jelaskan programnya, berikut flowchart atau reverse engineering program nya.

Setelah mengetahui flowchartnya, berikut programnya:


Dari baris 1-6 merupakan komentar yang berisi keterangan program, dan nama saya.

Pada baris ke 7 kita buat nama classnya, yaitu "percabangan2". Dilanjutkan dengan membuat method utamanya.

Dibaris ke 9, kita deklarasikan variabel yang kita pakai. yaitu variabel x, dengan tipe data integer. variabel x bernilai 10.

Dibaris ke 10, fungsi switch akan menerima nilai dari variabel x. Jika variabel x bernilai 1, maka akan menjalankan perintah "System.out.println("satu");". Supaya berhenti maka gunakan fungsi break.

Jika variabel x bernilai 2, maka akan menjalankan perintah "System.out.println("dua");".

Fungsi default berguna untuk menampilkan pernyataan jika case 1 dan case 2 tidak terpenuhi. Jika kedua case tidak terpenuhi maka akan menjalankan perintah "System.out.println("bukan satu atau dua");".

Lalu tutup program dengan kurung kurawal. Untuk menutup fungsi switch, method utama dan class.

Outputnya :



Program Switch Case 2

Berikut flowcharnya :


Beikut Penjelasan Programnya:




Dari baris 1-6 merupakan komentar yang berisi keterangan program, dan nama saya.

Pada Baris ke 7 kita masukkan dulu kode "import java.util.*;" agar bisa mengakses fungsi scanner.

Pada baris ke 8 kita buat nama classnya, yaitu "percabangan3". Dilanjutkan dengan membuat method utamanya.

Dari baris 10-14 kita menggunakan perintah "System.out.println()" untuk menampilkan tulisan. Kemudian kita deklarasikan variabel, yaitu variabel "listTerima" dengan tipe data integer.

Kemudian kita menggunakan fungsi scanner. dengan variabel pembantu input. Variabel in berfungsi untuk membantu menginputkan data ke variabel "listTerima".

Dibaris ke 19, kita menggunakan array dengan tipe data string. VAriabelnya yaitu bangundatar. Isi variabel tersebut adalah "Luas Lingkaran","Luas Persegi","Keluar".

Kemudian kita buat untuk menampilkan variabel bangundatar per indeks. Lalu kita inputkan nilai dari Variabel listTerima.

Switch menerima nilai dari variabel "listTerima".

Jika memasukkan angka 1 maka akan masuk ke program perhitungan luas lingkaran.

Jika memasukkan angka 2 maka akan masuk ke program perhitungan luas persegi.

Jika memasukkan Angka 3 maka akan ada perintah "System.out.print("Proses Telah Selesai Sistem Keluar");" dan "System.exit(0);" . Fungsi perintah yang terakhir itu untuk keluar secara otomatis dari program.

JIka memasukkan angka selain 1, 2, dan 3 maka perintah yang ada di default akan dijalankan. Yaitu " System.out.print("Maaf Tidak ada Kode "+listTerima+" System Akan Keluar");" dan "System.exit(0);"

Kemudian kita akhiri program dengan kurung kurawal untuk menutup Switch, method utama dan class.

Berikut Outputnya:

Jika memilih 1

Jika memilih 2

Jika memilih 3

Jika pilihan tidak sesuai



Sekian Penjelasan dari saya semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr wb.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Bubble Sort (Ascending) dalam Bahasa Java

Program Kasir Menggunakan Percabangan dalam Bahasa Java

Program Kasir Menggunakan Perulangan dalam Bahasa Java

Program Kasir Sederhana Menggunakan Array dalam Bahasa JAVA

Membuat Program "Hello_Word" Menggunakan Java

Program Operasi/Operator Menggunakan Java

Hai! Mari Kita berkenalan!