Program Kasir Menggunakan Perulangan dalam Bahasa Java

Program Kasir Menggunakan Perulangan dalam Bahasa Java

Assalamu'alaikum wr wb

Hai teman-teman!

Kali ini saya akan membahas salah satu Perulangan menggunakan bahasa Java yaitu FOR. Tanpa basa basi langsung saja saya jelaskan.

Program Kasir


Seperti program kasir yang saya buat, kita awali dengan kode "import java.util.*; " pada baris pertama yaitu agar kita dapat menggunakan Scanner. Scanner berfungsi untuk mengambil input.

Setelah itu kita buat class dan method-nya. Lalu kita deklarasikan variabel yang akan kita gunakan. 

Selanjutnya ada fungsi:

  • Scanner angka=new Scanner(System.in); untuk membantu penginputan data ke dalam variabel "maksimal", "jml", "hb", "uang", "maksimal2", "jml2", "hb2", dan "uang2".
  • Scanner barang=new Scanner(System.in); untuk membantu penginputan data ke dalam variabel "mkn" dan "alt".
  • Scanner login=new Scanner(System.in); untuk membantu penginputan data ke dalaam variabel "username", dan "password".

Dibaris ke 11 sampai baris ke 14 kita buat dulu perintah untuk menampilkan untuk kop judul. Disini kita bebas mengubah namanya, tergantung kreasi teman-teman. 

Pada baris ke 16, kita buat perintah untuk mencetak tulisan untuk memasukkan username. 

Fungsi berikutnya yaitu:  username=login.nextLine(); adalah perintah untuk memasukkan nilai ke variabel username.

Dibaris ke 18, kita buat juga perintah untuk mencetak tulisan untuk memasukkan password. Seperti baris ke 17, kita gunakan fungsi Scanner untuk menginputkan password, yaitu : password=login.nextLine(); yang merupakan perintah untuk menginputkan nilai ke variabel password. 

Pada baris ke 21, kita mulai menggunakan perulangan IF. Dimana kondisinya adalah (username.equals(data[0])&&password.equals(data[1])). Atau dapat dijabarkan varibel "username" nilainya sama dengan variabel "data[0]" dan "password" nilainya sama dengan variabel "data[1]". Jika kedua kondisi tersebut bernilai benar maka pernyataan yang ada dalam blok IF dapat berjalan. Jika bernilai salah maka akan menjalankan pernyataan yang ada di dalam blok ELSE.

Dalam blok IF terdapat perintah untuk menampilkan tulisan "Selamat Datang", kemudian list menu. Setelah itu kita buat perintah untuk menginputan menu yang ingin dipilih.

Agar dapat menampilkan isi menu sesuai yang dipilih, kita menggunakan Switch Case. Case 1 berisi program untuk pembelian makanan, Case 2 berisi program untuk pembelian alat tulis, sedangkan Case 3 berisi perintah untuk keluar dari program. 

Case 1

Di case ini kita buat perintah untuk menampilkan kop judulnya. Lalu buat perintah untuk mengintputkan banyak makanan yang ingin dibeli di variabel"maksimal". Berikut varia 

  • int uang; untuk pembayaran makanan
  • int kembalian; untuk kembalian
  • int hb[]=new int[maksimal]; untuk harga barang per satuan
  • int jml[]=new int[maksimal]; untuk jumlah barang per makanan
  • int total[]=new int[maksimal]; untuk total harga  per makanan
  • String mkn[]=new String[maksimal]; untuk nama ,akanan
  • int totalsemua=0; untuk keseluruhan harga barang yang harus dibayar
  • int i; untuk perulangan

Dengan bantuan perulangan, kita dapat mengintputkan nama makanan, harga makanan, jumlah makanan sebanyak banyak makanan yang ingin dibeli. Selain itu, yang akan diulang kembali adalah total harga makan yang berasal dari variabel "total[]". Dimana rumusnya adalah jumlah makanan dikali harga makanan. Lalu beri perintah untuk menampilkan penginputan pesanan telah selesai. Hal-hal ini akan terus berulang sebanyak variabel "maksimal".

Agar bisa mengetahui harga keseluruhan barang yang dibeli, kita mengguanakan variabel "totalsemua" yang saat kita deklarasikan kita beri nilai 0. Rumusnya yaitu totalsemua=totalsemua+jml[i]*hb[i];. 

Kemudian saya akan membuat struct pembelian yang akan menampilkan, nama barang, jumlah barang, harga barang, total barang, dan total harga keseluruhan yang telah di inputkan tadi. Dengan bantuan perulangan, hal-hal tersebut otomatis akan tampil.

Kemudian kita buatkan perintah untuk menginputkan uang yang kita bayar. Jika nominal uang yang kita inputkan tidak cukup dengan total harga keseluruhan maka akan muncul tulisan "Nominal Uang yang Anda Masukkan tidak Cukup" dan "Silahkan Masukkan Nominal Uang kembali". Dan kita harus menginputkan uang yang harus dibayar kembali.

Lalu program akan otomatis menampilkan kembalian.

Case 2

Sama seperti Case 1 yang membedakan hanya variabel yang digunakan sedikit berbeda. Berikut variabel yang saya gunakan :

  • int uang2; untuk pembayaran alat tulis
  • int kembalian2; untuk kembalian program alat tulis
  • int hb2[]=new int[maksimal2]; untuk harga barang (alat tulis) per unit
  • int jml2[]=new int[maksimal2]; untuk jumlah alat tulis
  • int total2[]=new int[maksimal2]; untuk total harga alat tulis per jenis
  • String alt[]=new String[maksimal2]; untuk nama alat tulis
  • int totalsemua2=0; untuk harga keseluruhan yang harus dibayar.

Dengan bantuan perulangan, kita dapat mengintputkan nama alat tulis, harga alat tulis, jumlah alat tulis sebanyak banyak barang yang ingin dibeli. Selain itu, yang akan diulang kembali adalah total harga makan yang berasal dari variabel "total2[]". Dimana rumusnya adalah jumlah makanan dikali harga makanan. Lalu beri perintah untuk menampilkan penginputan pesanan telah selesai. Hal-hal ini akan terus berulang sebanyak variabel "maksimal".

Agar bisa mengetahui harga keseluruhan barang yang dibeli, kita mengguanakan variabel "totalsemua2" yang saat kita deklarasikan kita beri nilai 0. Rumusnya yaitu totalsemua2=totalsemua2+jml2[i]*hb2[i];. 

Kemudian saya akan membuat struct pembelian yang akan menampilkan, nama barang, jumlah barang, harga barang, total barang, dan total harga keseluruhan yang telah di inputkan tadi. Dengan bantuan perulangan, hal-hal tersebut otomatis akan tampil.

Kemudian kita buatkan perintah untuk menginputkan uang yang kita bayar. Jika nominal uang yang kita inputkan tidak cukup dengan total harga keseluruhan maka akan muncul tulisan "Nominal Uang yang Anda Masukkan tidak Cukup" dan "Silahkan Masukkan Nominal Uang kembali". Dan kita harus menginputkan uang yang harus dibayar kembali.

Lalu program akan otomatis menampilkan kembalian.

Case 3

Pada case ini akan keluar perintah untuk menampilkan tulisan "Proses Telah Selesai Sistem Keluar". Kemudian program akan dilanjutkan ke System.exit(0) yang merupakan perintah keluar pada java dengan mengeluarkan aplikasi secara keseluruhan.

default

Bagian ini akan berjalan jika data yang di inputkan ke variabel "menu" tidak memenuhi case manapun. Maka yang akan menjalankan perintah untuk mempilkan "Maaf Tidak ada Kode "+menu+" System Akan Keluar". Dibagian "+menu+" merupakan angka yang di inputkan tadi. Kemudian program akan dilanjutkan ke System.exit(0) yang merupakan perintah keluar pada java dengan mengeluarkan aplikasi secara keseluruhan.

Kemudian ada blok ELSE, jika password dan usename yang dimasukkan salah maka akan muncul tulisan "Maaf Username dan Password Tidak Tersedia". Kemudian program akan dilanjutkan ke System.exit(0) yang merupakan perintah keluar pada java dengan mengeluarkan aplikasi secara keseluruhan.

Kemudian tutup dengan kurung kurawal untuk menutup Switch Case, Method dan Class.

Berikut Outputnya:

Jika Password dan Username yang dimasukkan benar

Jika Password atau Username salah

Jika Memilih 1



Jika memilih 2



Jika Nominal Pembayaran Kurang dari Total Harga Keseluruhan




Sekian Penjelasan dari saya, semoga teman-teman dapat memahaminya.

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Bubble Sort (Ascending) dalam Bahasa Java

Program Kasir Menggunakan Percabangan dalam Bahasa Java

Program Kasir Sederhana Menggunakan Array dalam Bahasa JAVA

Membuat Program "Hello_Word" Menggunakan Java

Program Operasi/Operator Menggunakan Java

Hai! Mari Kita berkenalan!

Program Switch Case Menggunakan Bahasa Java